Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Aljabar Melalui Pendekatan Matematika Realistik Siswa SMPN Kelas VII di Kediri
DOI:
https://doi.org/10.21154/imej.v1i2.18Keywords:
Algebra, LKPD, Problem Solving, RMEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah pada materi penyederhanaan aljabar melalui pendidikan matematika realistik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif berpendekatan kualitatif dengan subjek sebanyak 8 siswa kelas VII SMPN di Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, dokumentasi, dan juga pemberian soal tes melalui LKPD yang berjumlah 5 soal berbentuk uraian serta wawancara pengerjaan siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran menggunakan PMR dengan bantuan LKPD berbasis masalah, mampu membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa khususnya pada materi penyederhanaan aljabar. Hasil penelitian ini bisa dijadikan sumber acuan bagi pendidik dalam proses pembelajaran dan pembaruhan bagi peneliti selanjutnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan LKPD dengan PMR dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran untuk membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam mempelajari suatu materi, khususnya pada materi penyederhanaan aljabar.
Downloads
Published
Versions
- 2024-10-09 (5)
- 2024-10-08 (4)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 IMEJ : Indonesian Mathematics Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.