Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Aljabar Melalui Pendekatan Matematika Realistik Siswa SMPN Kelas VII di Kediri
DOI:
https://doi.org/10.21154/imej.v1i2.18Keywords:
Algebra, LKPD, Problem Solving, RMEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah pada materi penyederhanaan aljabar melalui pendidikan matematika realistik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif berpendekatan kualitatif dengan subjek sebanyak 8 siswa kelas VII SMPN di Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, dokumentasi, dan juga pemberian soal tes melalui LKPD yang berjumlah 5 soal berbentuk uraian serta wawancara pengerjaan siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran menggunakan PMR dengan bantuan LKPD berbasis masalah, mampu membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa khususnya pada materi penyederhanaan aljabar. Hasil penelitian ini bisa dijadikan sumber acuan bagi pendidik dalam proses pembelajaran dan pembaruhan bagi peneliti selanjutnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan LKPD dengan PMR dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran untuk membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam mempelajari suatu materi, khususnya pada materi penyederhanaan aljabar.
References
Aprilianti, P. P., & Astuti, D. (2020). Pengembangan lkpd berbasis stem pada materi bangun ruang sisi datar smp kelas viii. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(6), 691–702.
Aspriyani, R., & Suzana, A. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Persamaan Lingkaran Berbasis Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), Article 4. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3123
Ikasari, D., & Firmansyah, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di MTs. Lab Ikip Al-Washliyah Medan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(1), 55–65.
Murni, A. (2014). Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui pembelajaran metakognitif dan pembelajaran metakognitif berbasis soft skill. Jurnal Pendidikan, 4(2), 96–107.
Nasution, L. M. (2017). Statistik deskriptif. Hikmah, 14(1), 49–55.
Ningrum, S. S., Siregar, B. H., & Panjaitan, M. (2023). Pengembangan LKPD digital interaktif dengan pendekatan matematika realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi aritmatika sosial kelas VII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 766–783.
Nurlaili, N., Fitri, D. Y., & Yusri, R. (2023). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (Pmr) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Viii Smpn 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman. Inspiramatika, 9(1), 20–30.
Nurrahman, A. (2017). Pengembangan LKPD dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa [PhD Thesis, Universitas Lampung]. http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29668
Permendikbudristek. (2022). Permendikbudriset No. 5 Tahun 2022. Database Peraturan | JDIH BPK. http://peraturan.bpk.go.id/Details/224172/permendikbudriset-no-5-tahun-2022
Purba, G. F. (2022). Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada konsep Merdeka Belajar. Sepren, 4(01), 23–33.
Simamora, N. I., Simamora, E., & Dewi, I. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Menggunakan Hypercontent untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2635–2651.
Soniawati, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Cibinong Materi Bentuk Aljabar Dengan Problem Based Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(5), 1341–1350.
Sumargo, B. (2020). Teknik sampling. Unj press. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=FuUKEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Sumargo,+B.+(2020).+Teknik+Sampling.+Jakarta:+UNJ+PRESS.&ots=nzVh2J3wfP&sig=Z_W82uhulc1VjkZWrSQwHivP-qM
Umar, U., Hasratuddin, H., & Surya, E. (2022). Pengembangan LKPD berbasis model think aloud pair problem solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SD Negeri 067248 Medan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3402–3416.
Umbaryati, U. (2016). Pentingnya LKPD pada pendekatan scientific pembelajaran matematika. PRISMA, prosiding seminar nasional matematika, 217–225. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21473
Wibowo, T. E., & Faizah, S. (2021). Pengembangan soal tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bentuk aljabar. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(2), 145–158.
Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Cacik, S. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090
Downloads
Published
Versions
- 2024-10-09 (5)
- 2024-10-08 (4)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 IMEJ : Indonesian Mathematics Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.