Model Dinamika Kecanduan Game Online Menggunakan Model Epidemi Tipe SEIR

Authors

  • Nabila Asyiqotur Rohmah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21154/imej.v1i2.19

Keywords:

kecanduan game online, model epidemi SEIR, bilangan reproduksi dasar

Abstract

Adanya game online dan kemudahan akses internet memunculkan perilaku kecanduan bermain game online. Kecanduan game online menimbulkan banyak efek negatif ke masyarakat. Penelitian ini membahas tentang model matematika kecanduan game online yang didasari dari model epidemi tipe SEIR. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perilaku sosial kecanduan game online lewat model matematika. Model yang terbentuk akan diselidiki titik setimbang, bilangan reproduksi dasar, lalu dianalisis perilaku sistem berdasarkan simulasi software. Hasilnya, didapatkan dua titik setimbang bebas penyakit  dan titik setimbang endemik . Bilangan reproduksi dasar yang didapatkan adalah . Simulasi dilakukan tiga kali. Simulasi dengan  menunjukkan sistem akan stabil asimtotik menuju keadaan hilangnya individu yang kecanduan bermain game online. Sementara simulasi dengan  menunjukkan sistem akan stabil asimtotik menuju adanya individu yang kecanduan game online.

References

Diekmann, O., Heesterbeek, J. A. P., & Roberts, M. G. (2010). The construction of next-generation matrices for compartmental epidemic models. Journal of The Royal Society Interface, 7(47), 873–885. https://doi.org/10.1098/rsif.2009.0386

Fatahillah, A., Istiqomah, M., & Dafik. (2021). Pemodelan Matematika Pada Kasus Kecanduan Game Online Menggunakan Metode Runge-Kutta Orde 14. Limits: Journal of Mathematics and Its Application, 18(2), 129–141. https:// 10.12962/limits.v18i2.6854

Hasibuan, J., & Anggreni, A. (2022). Fenomena Kecanduan Game Online pada Remaja di Desa Deli Tua Kecamatan Namorambe. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan, dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.30872/ls.v3i1.1148

Hou, J., & Chen, Y. (2023). Psychological effect of online games on adults through deep neural network analysis. Journal of Computational Methods in Sciences and Engineering, 23(2), 737–746. https://doi.org/10.3233/JCM-226607

Ma, Z., & Li, J. (Ed.). (2009). Dynamical modeling and analysis of epidemics. World Scientific.

Noor, C. A. P., Ibrahim, S. S., & Barham, S. M. (2020). Model Epidemik SIRS pada Pecandu Game Online. https://doi.org/10.31219/osf.io/vugk7

Putra, G. A., & Nuryono, W. (2022). Fenomena Penyebab Kecanduan Game Online pada Siswa. Jurnal BK UNESA, 12(3), 983–989.

Wijaya, Y. B. S., & Maulana, D. A. (2022). Model Dinamika Kecanduan Game Online Pada Gawai. MATHunesa: Jurnal Ilmiah Matematika, 10(02), 299–207. https://doi.org/10.26740/mathunesa.v10n2.p299-307

Downloads

Published

2024-10-07

How to Cite

Rohmah, N. A. (2024). Model Dinamika Kecanduan Game Online Menggunakan Model Epidemi Tipe SEIR. IMEJ : Indonesian Mathematics Education Journal, 1(2), 161–170. https://doi.org/10.21154/imej.v1i2.19

Issue

Section

Articles