Model Dinamika Kecanduan Game Online Menggunakan Model Epidemi Tipe SEIR
DOI:
https://doi.org/10.21154/imej.v1i2.19Keywords:
kecanduan game online, model epidemi SEIR, bilangan reproduksi dasarAbstract
Adanya game online dan kemudahan akses internet memunculkan perilaku kecanduan bermain game online. Kecanduan game online menimbulkan banyak efek negatif ke masyarakat. Penelitian ini membahas tentang model matematika kecanduan game online yang didasari dari model epidemi tipe SEIR. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perilaku sosial kecanduan game online lewat model matematika. Model yang terbentuk akan diselidiki titik setimbang, bilangan reproduksi dasar, lalu dianalisis perilaku sistem berdasarkan simulasi software. Hasilnya, didapatkan dua titik setimbang bebas penyakit dan titik setimbang endemik . Bilangan reproduksi dasar yang didapatkan adalah . Simulasi dilakukan tiga kali. Simulasi dengan menunjukkan sistem akan stabil asimtotik menuju keadaan hilangnya individu yang kecanduan bermain game online. Sementara simulasi dengan menunjukkan sistem akan stabil asimtotik menuju adanya individu yang kecanduan game online.
References
Diekmann, O., Heesterbeek, J. A. P., & Roberts, M. G. (2010). The construction of next-generation matrices for compartmental epidemic models. Journal of The Royal Society Interface, 7(47), 873–885. https://doi.org/10.1098/rsif.2009.0386
Fatahillah, A., Istiqomah, M., & Dafik. (2021). Pemodelan Matematika Pada Kasus Kecanduan Game Online Menggunakan Metode Runge-Kutta Orde 14. Limits: Journal of Mathematics and Its Application, 18(2), 129–141. https:// 10.12962/limits.v18i2.6854
Hasibuan, J., & Anggreni, A. (2022). Fenomena Kecanduan Game Online pada Remaja di Desa Deli Tua Kecamatan Namorambe. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan, dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.30872/ls.v3i1.1148
Hou, J., & Chen, Y. (2023). Psychological effect of online games on adults through deep neural network analysis. Journal of Computational Methods in Sciences and Engineering, 23(2), 737–746. https://doi.org/10.3233/JCM-226607
Ma, Z., & Li, J. (Ed.). (2009). Dynamical modeling and analysis of epidemics. World Scientific.
Noor, C. A. P., Ibrahim, S. S., & Barham, S. M. (2020). Model Epidemik SIRS pada Pecandu Game Online. https://doi.org/10.31219/osf.io/vugk7
Putra, G. A., & Nuryono, W. (2022). Fenomena Penyebab Kecanduan Game Online pada Siswa. Jurnal BK UNESA, 12(3), 983–989.
Wijaya, Y. B. S., & Maulana, D. A. (2022). Model Dinamika Kecanduan Game Online Pada Gawai. MATHunesa: Jurnal Ilmiah Matematika, 10(02), 299–207. https://doi.org/10.26740/mathunesa.v10n2.p299-307
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 IMEJ : Indonesian Mathematics Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.