Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Authors

  • Alin Seftiani
  • Retno Widyaningrum IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21154/imej.v1i2.13

Keywords:

Creative Thinking Ability, Mathematics, Open Ended Learning Model

Abstract

Berpikir kreatif matematis memotivasi seseorang untuk bersikap terbuka, percaya diri, dan melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang sehingga memunculkan berbagai macam cara penyelesaian terhadap suatu permasalahan matematika. Hasil belajar yang belum sesuai harapan menjadi suatu objek yang menarik untuk diteliti. Seperti halnya hasil belajar matematika peserta didik kelas V MIN 1 Ponorogo yang masih belum sesuai harapan. Hal ini disebabkan masih diterapkannya model pembelajaran konvensional dalam proses belajar mengajar. Upaya untuk mengatasi hal tersebut, peneliti melakukan penelitian terhadap pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Open Ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas V MIN 1 Ponorogo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Open Ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta disik, mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik, dan mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Open Ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Pengambilan data dilakukan dengan observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Rnadom Sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Data penelitian diolah dan dilakukan analisis menggunakan uji Independent T-test kemudian dilakukan uji N-Gain dan uji Effect Size Cohen’s D. Hasil penelitian ini yaitu (1) Penerapan model pembelajaran Open Ended pada pertemuan pertama 91% terlaksana dan pada pertemuan kedua 95% terlaksana. (2) Kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Open Ended memperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 76,46 lebih baik daripada kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 59,17. (3) Model pembelajaran Open Ended cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dengan Effect Size Cohen’s D sebesar 2,056039 yang berarti memiliki efek sangat besar.

References

Amin, L. Y. S. S. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Pusat Penerbit LPPM.

Fatmahanik, U. (2016). Realistic Mathematic Education (RME) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 19–34.

Gabung, G., Ramadhana, R., & Tenriawaru, A. (2022). ARITMATIKA : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika STKIP YPUP Makassar Melalui Model Pembelajaran Open Ended Pada Siswa. 03, 15–18.

Guilford, J. P. (1967). The nature of human intelligence. In The Nature of Human Intelligence. McGraw-Hill.

Jumanto, J., & Adi, Y. K. (2023). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VI Ditinjau Dari Prestasi Akademik. Jurnal Sinektik, 5(1), 82–87.

Mazida. (2021). Pengembangan Permainan Moji. Noviana Diah.

Munandar, U. (1999). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Nada, I., Utaminingsih, S., & Ardianti, S. D. (2018). Penerapan Model Open Ended Problems Berbantuan Cd Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Iv Sd 1 Golantepus. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 216.

Nusantari, D. O., Kristiana, R., & Septhiani, S. (2019). Effect Size untuk Menghitung Efektivitas Penyuluhan tentang Kesehatan Reproduksi. Prosiding DPNPM Unindra, 0812(80), 385–390.

PISA. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. The Language of Science Education, 1, 1–9.

Prasetyo, Y. A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV SDN Kalisegoro Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Silvia Khofifatul, & Widyaningrum, R. (2023). Pengembangan Modul Ajar Online Berbasis Science Education for Sustainable Development (SESD) untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Keputusan. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(3), 276–292.

Suarmawan, K. A., Meitriana, M. A., & Haris, I. A. (2019). Faktor-Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 11,(2), 529–531.

Sumarli, S., Suwanto, I., & Wiwit, W. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V Sd Pada Tema Ekosistem Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(2), 208–224.

Tumurang, M. (2024). Metodologi Penelitian. PT. Media Pustaka Indo.

Widyaningrum, R. (2021). Statistika (A. D. Wulansari (ed.)). Pustaka Felicha.

Widyaningrum, R., & Izzati, L. N. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Critical Thinking pada Materi Nafsu Syahwat dan Ghadlab. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 271–295.

Yulita, T., & Suyitno, H. (2021). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended dengan Bantuan Power Point untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah di Masa Pandemi. 05(02), 1588–1598.

Downloads

Published

2024-09-23 — Updated on 2024-10-08

How to Cite

Seftiani, A., & Widyaningrum, R. (2024). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. IMEJ : Indonesian Mathematics Education Journal, 1(2), 115–132. https://doi.org/10.21154/imej.v1i2.13

Issue

Section

Articles